“Online”


ONLINE Itulah hobiku saat ini. setiap hari bisa 6 jam lebih ku habiskan untuk online atau disingkat dengan ol. banyak yang bisa kulakukan saat ol, chating dan update status itu hal yang penting agar kelihatan eksis. ya tapi bukan itu saja, karena internet menawarkan begitu banyak yang bisa ku lakukan dari mulai membaca artikel sampai mendownload film, atau sofware baru, mudah saja untuk bisa ditemukan. internet sungguh berjasa dalam penyebaran informasi.

biasanya aku ol dirumah menggunakan modem. mesipun  kecepatannya sangat lambat    tetap saja ku lakoni hobbiku itu. tapi saat ini aku ke warnet dekat kontrakan karena kuota dalam modemku sudah memasuki akhir bulan, padahal banyak artikel yang mau aku baca. aku mengeluarkan motorku dan tancap gas mencari warnet.

tiba aku diwarnet, kemudian ke operatornya menanyakan ada yang kosong atau tidak. aku dapat ruang nomor 3. ku siapkan semuanya plasdisk ku colokkan. emm tapi aku malah mikir yang tidak-tidak, gimana kalau komputer ini dipasang sniefer dan bisa menangkap password yang aku masukkan, bisa ke bobol akun-akunku. karena kecurigaanku ku restart komputer dan menunggunya sambil melepaskan jaket karena panas sekali. setelah ku restart ku tekan ctrl+Shift+F6 untuk mengecek sofware DEEfREEZE -nya aktif. “oh sedikit aman” pikirku. ya memang sedikit paranoid dengan internet. dosenku pernah bilang ” kalau sudah terhubung ke internet, dan meninggalkan data disana anda sudah tidak aman”. artinya kita sangat mudah untuk dilacak keberadaannya. apalagi seminggu yang lalu teman chatingku mengadu kalau akun facebooknya di bobol hacker. hacker tersebut meng upload photonya yang tidak memakai kerudung. kewalahan lah dia mengatasinya. tapi untunglah si penyusup itu tak mengganti email dan passwordnya. dan akhirnya dia bisa masuk lagi dan kusarankan mengganti email dan passwordnya yang lebih rumit di tebak orang. karena sering kali karena alasan untuk mudah di ingat user menggunakan tanggal lahir, nama pacar, hewan kesayangan, club sepak bola favorit mereka di jadikan password. maka jika ada orang iseng sangat mudah untuk ditebak. kemudian kusarankan kepada temanku itu untuk mengganti passwordnya dengan gabungan kata, angka, dan simbol-simbol namun tetap mudah di ingat. itulah awal aku ngobrol dengannya. temanku itu namanya Sari, Sari Muanizz nama akunnya.
“ganti dengan yang lebih sulit, dengan gabungan kata, angka dan simbol”    kataku saat kami chatingan.
“aduh bang, aku mudah lupa kalau susah-susah” jawabnya,
” emm kamu ganti aja tanggal lahir kamu dengan simbol-simbol, misalnya 13-03-90 maka yang jadi password kamu !#_)#_() ”
Saripun segera menjawab ” ok bang, makasi ya sarannya…”

“ok, jangan lupa ditambahin kata-kata lain” tambahku;

“yuph bang, thanks yach…”

aku tak membalas lagi.

kemudian aku baru membuaka Browser google Chrome dan mencari artikel tentang ubuntu versi 11.10. google dengan ajaibnya memunculkan artikel yang aku cari bahkan menawarkan ku untuk mendownload sistem Operasi open source itu. setelah ku baca-baca kelebihan dan kekurangannya aku pun tertarik mendowloadnya. tapi ukuran file nya lumayan besar 695 MB, wah butuh 2 jam-an untuk mendownloadnya. tapi karena penasaran akupun menunggunya.

sambil menunggu aku membaca-baca artikel yang lainnya. dan mencoba memahami langkah-demi langkah yang ditulis artikel tersebut. artikel itu menjelaskan langkah-langkah menginstal Ubuntu 11.10 yang baru aku download. setelah beberapa kali ku ulang aku yakin telah bisa menginstalnya di laptopku nanti. ku lirik hasil dowloadtanku sudah mencapai 420 of 695 MB artinya tidak lama lagi dan aku sudah satu jam lebih disini. matakupun sudah sayu mellihat tulisan-tulisan artikel-artikel. lelah.

Untuk mengusir kebosanan, aku membuka akun facebook, ku baca beberapa status teman ku beri komentar, ada juga yang tidak ku beri komentar dan hanya ku beri like saja. masih asik baca-baca status teman aplikasi chating ku muncul, dan sari mengirimiku pesan.

sari : ” hi bang, lg apa?”

langsung ku jawab ” lagi nyari artikel, km lg apa sa?”

sari :”lagi ol aja bang, sa nanti pulang ke kampung halaman”

akhirnya kamipun cerita panjang lebar, dan tanpa kusadari kedekatankku dengan Sari mulai terbentuk. yah meskipun hanya didunia maya. sejak perkenalanku dengannya setiap malam kami selalu chatingan dan berbicara banyak hal. aku merasa ada perasaan yang aneh setiap mengobrol dengannya. perasaan yang tak bisa di tulis dengan kata-kata, ya aku pilih saja dengan kata-kata aku nyaman dengan dia. dan harapanku dia mememiliki rasa yang sama. ngarep.

ya setelah perkenalanku sebulan yang lalu kami memang terus berkomunikasi. tapi sayangnya hanya dengan internet saja sampai saat ini aku belum berani meminta nomor hp-nya, takut kalau – kalau dia tahu perasaanku padanya, jadi ya ku tahan saja. namun kesenanganku ini berdampak buruk buatku, aku jadi ketagihan ol terutama di facebook. setiap malam aku menunggunya hanya untuk mengobrol sana kemari. belum lagi waktuku tersita berjam-jam dengan nya, yang seharusnya ku manfaatkan untuk menggarap skripsiku yang sudah hampir kadar luarsa.

belum lagi teman kontrakanku sedikit marah kepadaku karena tagihan listrik bulan ini melonjak dua kali lipat. ” ini pasti karena kau tak pernah mematikan laptop dan komputermu” katanya.

” memang habis berapa si semuanya” aku sok banyak uang.

“kita cuma tinggal berdua, masak tagihan listrik sampai 200.000” katanya.

“emm ya maaf deh, aku yang bayar 75 % nya kamu yang 25 %, gimana” kataku.

” wuih… ini pasti karena teman chatingmu itu kan?” jawabnya lagi

“ya karena aku butuh komputer dan laptop untuk mengerjakan skripsiku” jawabku penuh alasan, padahal memang iya.

kamipun perang mulut malam itu, tapi berakhir damai karena aku menyanggupi membayar 75 % dr 200.000 itu. tapi setelah ku pikir – pikir kenapa aku melakukan ini, aku senyum-senyum sendiri. dan menyadari aku jatuh cinta. dan cinta tak pernah mudah perlu pengorbanan dan harus di perjuangkan.

aku masih diwarnet, menunggu 30 menit lagi download tan ku selesai. Sari sudah pamit beberapa menit yang lalu. akupun kembali membuka-buka artikel dan mendownloadnya untuk ku baca di rumah. kemudian aku menuliskan key word (kata kunci) untuk mencari artikel atau apapun  yang berkenaan dengan skripsiku. semuanya ku simpan kedalam falsdisk, termasuk sofware yang telah lama ku tunggu dari dua jam yang lalu. sebelum pulang ku pastikan semua akunku sudah ku log out. takut di pergunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. aku tancap gas ke kontrakanku dan siap melanjutkan skripsiku.

malam sudah sangat larut namun Sar tak kunjung ol, aku memutuskan untuk tidur karena setiap malam selalu tidur dini hari. Alaramku bunyi keras sekali memeakkan telinga, yang memutuskan mimpi indahku, tapi aku lupa mimpi apa. aku pun bangun dan shalat subuh kemudian berdo’a, salah satu do’aku agar dipertemukan dengannya, wuih….. setelah shalat aku membuka laptop dan membuka akun facebookku dan ada pesan dari Sari “bang maaf ya, sa semalam g ol, coze sa di perjalanan pulang liburan kuliah”. langsung ku jawab “ok”.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: