Home > Artikel > Panduan menggunakan YahooGroups untuk pemula

Panduan menggunakan YahooGroups untuk pemula

yahoogroup

Jika Anda rajin mengikuti mailing list (milis), tentu Anda kenal dengan Yahoo Groups, situs penyedia layanan milis-gratis yang paling populer saat ini. Tapi masih banyak juga orang yang belum paham bagaimana mengelola e-mail di Yahoo! Groups. Misalnya, bagaimana cara melakukan unsubscribe? Bagaimana caranya agar saya menerima satu e-mail saja perhari? Dan seterusnya.

Untuk bisa memanfaatkan semua fitur Yahoo! Groups, cara yang paling ideal adalah dengan mengakses situs Yahoo! Groups ( http://groups.yahoo.com) dengan menggunakan Yahoo! ID Anda (caranya sama seperti ketika Anda mengecek e-mail di Yahoo!). Namun jika Anda malas mengelola milis Anda melalui situsnya Yahoo! Groups, Anda sebetulnya masih bisa memanfaatkan sebagian fitur situs ini melalui e-mail Anda.

Semua milis di Yahoo! Groups memiliki alamat e-mail dengan rumus seperti ini:

nama_group@yahoogroups.com. Contohnya: milisku@yahoogroups.com, di mana milisku merupakan nama dari milis tersebut. Dengan rumus tersebut, Anda bisa melakukan berbagai pengaturan milis Anda dengan cara mengirim e-mail ke alamat-alamat tertentu dengan rumus sebagai berikut:

Berhenti berlangganan: nama_group-unsubscribe@yahoogroups.com. Contoh: miliskuunsubscribe@yahoogroups.com.

Berlangganan: Jika ingin mendaftar jadi anggota, alamatnya adalah nama_groupsubscribe@yahoogroups.com.

Menghubungi moderator: Misalnya Anda hendak menghubungi moderator milis tersebut, tapi Anda tidak tahu alamat e-mailnya. Maka kirim saja e-mail Anda ke nama_group-owner@yahoogroups.com. 

Digest (menerima satu e-mail saja perhari): nama_group-digest@yahoogroups.com).

No Mail: Anda tidak ingin menerima e-mail dari milis tersebut, tapi tetap jadi anggota. Kirim e-mail kosong ke nama_group-nomail@yahoogroups.com.

Kembali ke Normal: Jika Anda telah memilih opsi Digest atau No Mail, dan ingin kembali ke pilihan normal (setiap pesan yang masuk langsung terkirim ke e-mail Anda), maka kirim e-mail kosong ke nama_group-normal@yahoogroups.com.

Perlu diketahui, dalam mengirim e-mail ke alamat-alamat di atas (kecuali

nama_group-owner@yahoogroups.com), Anda cukup mengirim e-mail kosong. Tidak perlu berisi pesan apapun, bahkan subject atau judul pesan e-mailnya pun tidak perlu diisi. Kenapa? Karena pesan Anda nantinya akan diproses secara otomatis oleh sistem Yahoo Groups. Nah, selamat bermilis ria! (.:WoNX:.)

Catatan : Tulisan di ambil dari majalah XCode Magizane Edisi Juni 2006.Penulis : WoNX

Advertisements
Categories: Artikel
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: