Home > Kuliner > Budaya Ngopi

Budaya Ngopi

SahabatKinoySahabat, untuk menyambut hari, belum gerget rasanya kalau belum nyeruput minuman hitam pekat alias kopi. Kopi bukan hanya sebagai minuman penghilang rasa kantuk, namun sudah menjelma menjadi sebuah gaya hidup. Dimana – mana mulai menjamur kedai kopi ternama.
Terutama di Aceh yang merupakan salah satu produksi tanaman kopi di Indonesia, di setiap pojok pasti ada warung kopi. “Pusing kepala kalau belum minum kopi” itu yang biasa keluar dari bibir mereka yang pecinta kopi. Bahkan budaya ngopi di Aceh diasumsikan sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Di warung kopi, masyarakat Aceh berkumpul menikmati Kopi sambil ngobrol. Budaya ngopi ini juga sebagai momen untuk berinteraksi satu sama lain, mulai bercerita bisnis, atau sekedar kumpul bareng temen-temen.
Sahabat, tahu tidak kenapa kopi bisa membuat mata tak mengantuk?, dari salah satu buku Eti Syahriyanti di “I Love Coffe And Tea” mengatakan, kopi mengandung berbagai macam zat yang bersifat psikotropika ketika direspon oleh mekanisme pertahanan tubuh kita. Salah satunya, kopi mengandung kafein yang mampu menstimulasi produksi dua hormone perangsang, yaitu kortison dan adrenalin. Akibatnya, dalam waktu singkat kopi berpengaruh menghilangkan kantuk, meningkatkan kesadaran mental, pikiran, focus, dan respon.
Sahabat, Kopi Aceh juga sudah dikenal di masyarakat dunia. Terlebih setelah bencana Tsunami pada 26 Desember 2004 silam. Banyak relawan-relawan asing yang berdatangan ke Serambi Mekah, dan mereka sering berkumpul di warung-warung kopi melepas kepenatan dan lelah sambil menikmati kopi. Ada beberapa sajian cara membuat kopi, Beragam orang menyebutnya, ada kopi pancung (setengah gelas), kopi tubruk (bersama ampas), kopi sareng (saring), tapi yang lebih populer adalah kopi Ulee Kareng.
Sahabat, informasi yang kami ambil dari (snap.ahmeddee.com) Kopi yang dihasilkan di Indonesia memiliki berbagai macam rasa dan aroma. Di Indonesia terdapat empat varietas kopi yang ditanam yaitu Robusta, Arabika, Liberika, dan Ekselsa. Kopi Robusta dan Arabika merupakan jenis yang paling banyak ditanam di Indonesia. Sebagian besar wilayah kebun kopi di Indonesia ditanami kopi Robusta karena jenis ini yang paling mudah untuk dikembangkan. Sedangkan jenis Arabika cukup peka dengan lingkungan dan memerlukan perlakuan/perhatian khusus. Perbedaan rasa Kopi Arabika dipengaruhi oleh ketinggian tanah, suhu, tingkat kelembaban, dan kandungan mineral tanah. Hal ini menyebabkan munculnya berbagai variasi rasa kopi Arabika yang berbeda di setiap pulau di Indonesia. Beberapa yang cukup terkenal di dunia antara lain Kopi Arabika Aceh Gayo, Sumatra Mandailing, Sumatra Lintong, Java Jampit, Bali Kintamani, Toraja Kalosi, dan Papua Wamena. Kopi jenis Arabika ini mempunyai harga yang cukup tinggi di pasar kopi dunia.

SahabatKinoy

Sahabat, di Aceh salah satu produksi tanaman kopi terbesar dinusantara ini, salah satunya adalah di daerah Dataran tinggi Gayo. Bertepatan di kabupaten Aceh tengah, Takengon. di Takengon hampir rata-rata masyarakatnya dalah petani kopi.  Tanah Aceh menghasilkan sekitar 40% biji kopi Arabika berkualitas ekspor dari total panen kopi di Indonesia. Aroma kopi Aceh sudah terkenal sejak lama di Indonesia dan dunia. Kopi Aceh Gayo merupakan salah satu kopi khas Nusantara asal Aceh yang cukup banyak digemari oleh berbagai kalangan di dunia. Kopi Aceh Gayo memiliki aroma dan rasa yang sangat khas. Kebanyakan kopi yang ada, rasa pahitnya masih tertinggal di lidah kita, namun tidak demikian pada kopi Aceh Gayo. Rasa pahit hampir tidak terasa pada kopi ini. Cita rasa kopi Aceh Gayo yang asli terdapat pada aroma kopi yang harum dan rasa gurih hampir tidak pahit. Bahkan ada juga yang berpendapat bahwa rasa kopi Aceh Gayo melebihi cita rasa kopi Blue Mountain yang berasal dari Jamaika.
Sahabat, cukup sekian dulu ya, cerita tentang kopi. Berbicara tentang nikmat kopi memang tidak ada habisnya, terutama bagi pecinta kopi atau mania kopi. Ayo nikmati kopimu hari ini…

Advertisements
Categories: Kuliner
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: