Home > jalan-jalan, Wara Wiri > Masjid Al-Akbar Surabaya

Masjid Al-Akbar Surabaya

Sahabat, kali ini kinoy ingin berbagi cerita tentang masjid Al-Akbar Surabaya (MAS). masjid ini dibangun mulai pada tahun 4 Agustus 1995, atas gagasan Walikota Surabaya saat itu, H. Soenarto Soemoprawiro. peletakan batu pertamanya diletakkan oleh  mantan wakil Presiden Republik Indonesia H. TRI SUTRISNO, dan diresmikan pada tanggal 10 November 2000, oleh Almarhum mantan presiden Republik Indonesia KH. ABDURRAHMAN WAHID. MAS sangat eksotis jika dilihat arsistekturnya, jika sahabat berkunjung  ke surabaya jangan lupa mampir ke masjid ini. Masjid yang terletak di Surabaya, Jawa timur ini adalah masjid kedua terbesar di Indonesia setelah masjid Is-Tiqlal di Jakarta. MAS terletak di jalan tol Surabaya – Gempol.

AL-Akbar Surabaya

Ciri yang mudah diingan dari MAS adalah memiliki 1 kubah besar di tengah, dan di kelilingi 4 kubah kecil berwarna biru, dan di tengah masjid ada air mancur yang menambah ke eksotisan masjid besar ini. MAS juga memiliki menara yang tingginya sekitar 8 lantai kalau di pandang dan diukur di perkirakan (he he kelamaan ya) tingginya sekitar 100 m, sahabat bisa menikmati keramaian kota surabaya dari sini. Ciri lain dari masjid raksasa ini adalah pintu masuk ke dalam ruangan masjid tinggi dan besar dan mihrabnya adalah mihrab masjid terbesar di Indonesia.

Kenyamanan masjid ini sangat luar biasa, yang sempat kinoy rasakan salah satunya adalah diluar terik matahari sangat panas, tetapi jika masuk ke dalam masjid ini dingin serasa berada di pepohonan. masjid ini juga tidak pernah sepi dari jama’ah untuk melaksanakn ibadah kepada ALLAH SWT. sekaligus sebagai wisata religi bagi pengunjung yang datang ke surabaya.

Selain untuk beribadah, masjid ini juga memiliki aula yang besar. aula tersebut sering digunakan untuk menjadi resepsi pernikahan atau acara lainnya, siapa tahu ada sahabat yang berminat melaksanakan resepsinya disini, silahkan hubungi panitia masjid ini (he he). semoga bisa kembali berkunjung ke MAS yang luar biasa ini. amin.

Advertisements
Categories: jalan-jalan, Wara Wiri
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: