Home > jalan-jalan, Wara Wiri > Danau Lut Tawar

Danau Lut Tawar

Sahabat, mata memang panca indra yang paling jujur, tahu kenapa? Karena mata ingin melihat yang indah-indah. kebersihan, kedamaian,dan salah satunya keindahan alam. sahabat untuk cerita kali ini kinoy ingin berbagi cerita tentang danau yang ada di daerah kinoy sendiri, yaitu Danau Laut Tawar. Danau Laut Tawar terletak di dataran tinggi gayo, tepatnya di kab. Aceh Tengah. Nanggroe Aceh Darussalam (NAD). Suku Gayo menyebutnya dengan sebutan Lut Tawar. sumber dari wikipedia.org menyebutkan luas danau Lut tawar ini Luasnya kira-kira 5.472 hektar dengan panjang 17 km dan lebar 3,219 km. Volume airnya kira-kira 2.537.483.884 m³ (2,5 triliun liter).

sumber: http://pernandosms.blogspot.com/2010_05_01_archive.html

Salah satu yang dapat kita dapatkan dari wisata ini adalah keasliannya, keindahannya alami tanpa campur tangan manusia. maka dari itu tak dapat di elakkan setiap hari libur atau hari besar danau ini banyak di kunjungi wisatawan baik dari dalam kota maupun luar kota. Masyarakat sekitar biasanya jika musim liburan berbondong-bondong pergi kesana dengan membawa bekal dan duduk di tepinya menikmati ke eksotisan danau ini. dan tak jarang juga yang membawa alat masak untuk memasak ikan segar disana.

Tempat yang sering dikunjungi yaitu Pante Menye, Ujung Nunang, pante pasir merah, Pante Ketebong, Pante bebuli, Atu tamun, Ulung-ulung, Lelabu, Merodot, itulah nama-nama yang bisa ku ingat di wisata yang ada di pinggiran danau Lut Tawar. selain pantai di sekitar danau juga terdapat gua yang menceritakan Puteri Pukes, dan layang koro.

Sedikit saya ceritakan tentang puteri pukes, begini ceritanya (he he) pada zaman dulu ada seorang puteri yang menikah dengan seorang lelaki tetangga desa. dan pernikahan itupun terjadi, di Suku Gayo wanita yang menikah harus ikut dengan suami, karena zaman dahulu alat transportasi juga masih sulit sehingga bisa berbulan-bulan baru bisa kembali kerumah orang tuanya. maka sebelum mempelai pengantin wanita tersebut pergi sang ibu memberi ”manat” atau pesan ”jika kau telah pergi kesana, jangan kau berbalik, meskipun hanya menoleh kebelakang”. namun karena kerinduan sang puteri dengan ibu dan keluarga sang puteripun menolehkan kepalanya kebelakang, maka sang puteripun menjadi batu. batu sang puteri tersebut masih ada sampai sekarang yaitu yang berada di gua Puteri Pukes.

Nah begitulah ceritanya sahabat, nah untuk gua Layang Koro konon ceritanya gua ini dahaulu digunakan untuk menyimpan Kerbau untuk membajak sawah, maka namanya di sebut Layang Koro yang di ambil dari bahasa Gayo ”Koro” artinya kerbau.

Sahabat, dari danau ini juga terdapat keunikan dari jenis ikannya, Suku Gayo menyebutnya dengan sebutan ”Depik”. ikan Depik bentuknya kecil kira-kira  panjangnya 5 cm,  dan ber diameter 2 cm. Ikan ini hanya ada didanau ini dan sifat juga musiman, sehingga jika sahabat berkunjung kesana pada saat tidak musim maka ikan ini akan langka, dan jikapun ada maka harganya bisa selangit. kalau menurut ilmu ”titen” musim ikan Depik ini mulai ketika musim penghujan, yaitu mulai September- Desember.

sumber gambar :http://acehprov.go.id

Sahabat, gambar disamping adalah gambar ikan Depik yang telah di olah menjadi masakan. Ikan ini juga menjadi makanan khas Suku Gayo, mereka menyebutnya dengan ”Pengat Depik”. lain kali kinoy paparkan bagai mana memasak masakan ini, sebagai gambaran masakan ini sangat simple, dan sangat sehat karena tidak menggunakan minyak.

yuph Sahabat, itu sudah dulu ya cerita tentang Lut Tawar. kalau sahabat punya kesempatan silahkan kunjungi danau ini. tapi jangan lupa bawa jaket yang tebal, sarung tangan, kaus kaki, tutup kepala, karena disana udaranya sangat dingin, dan curah hujannya sangat tinggi karena berada di dataran tinggi yang berada di salah satu bagian punggung pegunungan Bukit Barisan yang membentang sepanjang Pulau Sumatra. Sahabat selamat berkunjung, dan jangan lupa cicipin Pengat Depik khas Gayo :-).

Advertisements
Categories: jalan-jalan, Wara Wiri
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: